4 Cara Praktis Merawat Diri

4 Cara Praktis Merawat Diri

4 Cara Praktis Merawat Diri – Bagi kebanyakan orang merawat diri berarti mempertahankan penampilan agar tetap menawan dan sehat, bagaimana dengan Anda? Tentu merawat diri sebenarnya tidak hanya memerhatikan hal yang bisa dilihat, Anda juga perlu mempertimbangkan hal yang tak kasatmata. Apa sajakah itu? Perhatikan 4 cara praktis merawat diri agar tetap sehat berikut ini!

Pertama, apakah Anda beristirahat dengan cukup? Beberapa orang mengalami gangguan tidur, seperti kesulitan tidur dan ada juga yang kelebihan tidur. Hal ini terjadi, karena pola kebiasaan istirahat yang tidak menentu sehingga tubuh salah mengatur ‘jam biologis’.

Istirahat mutlak diperlukan guna memulihkan sel-sel tubuh yang rusak, maka dari itu seseorang yang cukup istirahat biasanya akan merasa segar setelah bangun dari tidur. Namun, jika Anda mengalami pegal-pegal atau tidak merasa segar walau telah beristirahat itu berarti mutu tidur Anda tidak bagus—dengan kata lain Anda mengalami gangguan tidur.

Jika Anda sering mengalami kesulitan tidur, cobalah untuk memeriksa diri! Misalnya, apakah Anda memiliki beban pikiran yang tidak selesai pada hari itu? Apakah Anda sedang sakit dan merasa tidak nyaman sewaktu beristirahat? Apakah Anda sedang mengonsumsi makanan, minuman atau obat-obatan yang menyebabkan susah tidur? Atau, apakah kesulitan tidur terjadi karena kondisi lingkungan yang berisik?

Metode lama yang bisa bermanfaat dalam mengatasi tidur adalah membayangkan sesuatu yang indah hingga Anda terlelap. Sewaktu membayangkan hal indah, otak akan mengeluarkan senyawa yang menimbulkan perasaan tenang dan nyaman. Fantasi ini memungkinkan Anda untuk beristirahat, namun sayang beberapa orang sulit membayangkan dan mempertahankannya.

Penyakit mengganggu seperti batuk yang tiada henti atau sakit kepala dapat diringankan dengan minum obat dokter, terkadang diberikan juga obat penenang saraf agar Anda dapat beristirahat. Ganti kopi, teh atau cokelat dengan secangkir susu putih hangat sebagai pengantar tidur. Hindari merokok! Kandungan nikotin didalamnya menekan saraf dan membuat Anda sulit tidur.

Jika kondisi lingkungan membuat Anda tidak nyaman untuk beristirahat, cobalah untuk mengalihkan pikiran dari hal-hal yang mengganggu tersebut dengan mencari kesibukan. Lakukan sesuatu yang Anda suka seperti mendengarkan musik, membaca novel atau menulis buku harian hingga Anda merasa lelah.

Cara kedua untuk merawat diri adalah menjaga kebersihan pribadi. Selain bermanfaat bagi kesehatan kulit, hal ini juga membuat Anda rileks. Menjaga kebersihan pribadi juga meningkatkan kepercayaan diri dan secara otomatis akan meningkatkan hubungan sosial dengan orang-orang disekitar Anda.

Ketiga, jagalah kesehatan gigi Anda! Kesehatan gigi sangat berperan penting bagi kehidupan yang nyaman dan menyenangkan. Gigi merupakan sarana penting agar kita dapat menerima manfaat dari makanan yang disantap.

Tanpanya, Anda akan mengalami gangguan pencernaan karena organ dalam tubuh bekerja dua kali lipat dalam mengolah makanan dan penyerapan zat gizi jadi tidak maksimal. Menjaga kesehatan gigi akan membuat Anda panjang umur dan tetap sehat.

Keempat, sudahkah Anda melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala? Pemeriksaan kesehatan tidak selalu dilakukan di rumah sakit, hal ini juga tidak berarti membengkaknya pengeluaran Anda.

Sama seperti menabung, jika ini dilakukan rutin Anda akan mengetahui kondisi tubuh Anda sepenuhnya. Hal ini memudahkan Anda dalam mencegah penyakit yang tidak diinginkan.

Related posts