4 Sehat 5 Sempurna

4 Sehat 5 Sempurna

4 Sehat 5 Sempurna – 4 Sehat 5 Sempurna menjadi bahan utama yang sangat penting dan dibutuhkan manusia sebagai sumber energi dan membantu pertumbuhan seluruh organ tubuh serta otak agar dapat beraktivitas dengan baik dan Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi yang seimbang dan mengandung zat yang diperlukan oleh tubuh. yuk langsung aja ke inti artikelnya.

Selalu 4 Sehat 5 Sempurna

1. Makanan Pokok
Apa saja kategori makanan pokok yang menjadi bagian dari 4 sehat 5 sempurna ? berikut adalah contohnya :

  • Nasi
  • Jagung
  • Sagu
  • Singkong, kentang, atau umbi-umbian
  • Gandum

Tahukah kita zat-zat apa saja yang terkandung dalam makanan itu? dan seperti apa urutan konsumsi yang ideal bagi asupan gizi tubuh kita? Nah, berikut ini manfaat makanan 4 sehat 5 sempurna dan zat yang terkandung di dalamnya.

2. Lauk Pauk
Nasi adalah sumber karbohidrat bagi tubuh manusia, nasi mengandung gula yang berfungsi menjadi sumber energi bagi tubuh.

Kategori makanan 4 sehat 5 sempurna selanjutnya adalah lauk pauk, contoh lauk pauk :

  • Daging : Ayam, sapi, kambing, ikan, dan bebek
  • Telur
  • Tahu tempe

Orang Indonesia lebih banyak menikmati sumber protein dari hewani dari ayam dan ikan, untuk kacang-kacangan misalnya dari tempe dan tahu. Sehari-hari makanan ini lebih banyak disajikan dalam bentuk gorengan, karena itu konsumsi minyak goreng di Indonesia lebih besar dibanding negara lain yang lebih doyan masakan rebus seperti Jepang dan Myanmar.

3. Sayur-Sayuran
Sayur sayuran merupakan makanan sehat yang cukup penting kita perhatikan untuk mencegah berbagai penyakit. Contoh :
Kangkung, Sawi, lobak, kacang panjang, tomat, bayam, brokoli
Kol, daun ubi, wortel, dan sebagainya

Sayur-sayuran yang baik bagi tubuh adalah sayuran yang berwarna hijau seperti bayam, brokoli, kangkung, dan sawi, sayur-sayuran hijau banyak mengandung zat hijau daun atau klorofil yang berfungsi sebagai antidioksidan dan mempengaruhi sistem imun.

4. Buah-Buahan
Sumber makanan sehat selanjutnya adalah buah-buahan, sangat penting juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Contohnya :

Jeruk, apel, manggis, sirsak, anggur, lengkeng, dan buah alpukat.
Buah-buahan berfungsi bagi sebagai antidioksidan karena pada kulit buah mengandung pigmen warna klorofil seperti kiwi dan jambu. Semakin gelap warnanya semakin besar perlindungan antidioksidannya pada tubuh.

5. Susu
Susu berasal dari sumber protein hewani, fungsinya sangat baik bagi pertumbuhan tulang dan meningkatkan energi. Selain susu dari protein hewani, juga ada susu dari protein nabati yakni susu kedelai. Jika Anda memiliki kelebihan berat badan, dapat mengkonsumsi susu rendah lemak.

Baca juga :

Related posts