Beberapa Cara Ampuh Menghilangkan Bau Badan

Beberapa Cara Ampuh Menghilangkan Bau Badan

Beberapa Cara Ampuh Menghilangkan Bau Badan – Berbau tapi tak terlihat, bau badan memang menjadi problema yang sangat mengganggu di kehidupan sehari – hari kita, dan penampilan seseorang akan berkurang ketika bau badan menyerang.

Apa jadinya jika bau badan yang tidak sedap dan menyengat terjadi pada diri Anda sendiri tanpa Anda sadari? Iya tidak sadar. Karena memang karena kita sudah terbiasa dengan bau badan kita, maka kita sebagai pemilik tubuh sering tidak menyadari aroma tubuhnya sendiri.

Apa sih yang menyebabkan bau badan menjadi tidak sedap dan menyengat? Dan bagaimana cara menghilangkan bau badan secara permanen?

Penyebab bau badan adalah kelenjar keringat. Semua orang tentu memiliki kelenjar keringat. Biasanya keringat tidak memiliki bau. Tapi jika melekat terlalu lama pada kulit bahkan sampai berjam-jam akan menimbulkan masalah bau badan. Selama keringat menempel pada tubuh, bakteri-bakteri yang secara alamiah ada di kulit akan berkembang biak dengan cepat sehingga bau badan menjadi tidak sedap.

Keringat yang bau dihasilkan oleh kelenjar apokrin.

Keringat sendiri dihasilkan oleh dua kelenjar penting dalam tubuh yaitu kelenjar accrine dan kelenjar apokrin. Kelenjar accrine adalah tempat di mana kelenjar bening dan tidak berbau dihasilkan sejak bayi. Biasanya berada di tangan, punggung, dan dahi. Kelenjar accrine menghasilkan keringat yang berguna untuk menurunkan suhu tubuh pada waktu tertentu.

Sedangkan bau badan yang tidak sedap berasal dari kelenjar apokrin. Kelenjar ini letaknya jauh di dalam kulit. Biasanya kelenjar ini ada pada bagian-bagian lipatan tubuh seperti ketiak. Banyaknya sih di ketika karena ketiak memiliki pori-pori yang cukup besar untuk mengeluarkan keringat. Kelenjar akan berekresi bersama bakteri yang berperan dalam proses pembusukan. Oleh karena itu timbul bau badan yang tidak sedap. Kelenjar apokrin sendiri baru aktif setelah pubertas.

jenis ramuan yang bisa menghilngkan bau badan

Daun sirih

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirih ampuh dalam membasmi masalah kesehatan. Daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kandungan dalamnya. Vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin, dan karoten ada pada daun sirih. Daun sirih ini jadi cara efektif menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara cepat.

  1. Untuk menghilangkan bau badan menggunakan daun sirih, caranya adalah:
  2. Ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 gelas air
  3. Kemudian campurkan pada bak air yang Anda gunakan untuk mandi
  4. Lalu mandilah dengan menggunakan air rebusan tersebut

Bunga kecombrang

Tidak hanya daun sirih, bunga kecombrang juga kaya akan antioksidan dan zat-zat lain yang bermanfaat bagi tubuh seperti saponin, fenolik, flavonida, alkaloid, tanin, triterpenoid, glikosa, streoid, polifenol, antimikroba, vitamin, dan juga mineral. Zat-zat tersebut berguna untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Yang perlu Anda lakukan adalah:

  1. Tumbuk kasar bunga kecombrang dan batangnya.
  2. Lalu gunakan sebagai sabun pada tubuh setiap kali Anda mandi.

Baca Juga :

Jeruk purut

Kaya manfaat merupakan salah satu kelebihan jeruk purut. Meski asam jeruk purut memiliki puluhan kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ada serat, gula, karbohidrat, vitamin A dan C, kalori, zat besi, sodium, dan kalsium.

Caranya:

  1. Peras 1 buah jeruk purut kemudian campur dengan segelas air
  2. Minum 2 kali sehari secara rutin

Jeruk nipis

Tidak hanya jenis jeruk purut saja yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jeruk nipis juga tidak kalah bermanfaat lho. Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lainnya dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori. Cara menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis ini bisa Anda coba sebagai solusi mudah selanjutnya.

Cara mengaplikasikan jeruk nipis sebagai penghilang bau badan:

  1. Belah jeruk nipis menjadi 2 bagian.
  2. Oleskan pada ketiak anda, sama seperti mengaplikasikan deodoran pada ketiak Anda.

Related posts