Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe

cara menghilangkan ketombe

caramerawatdiri.web.id – Ketombe adalah kulit pada kepala yang mati dan mengering dan terkelupas, beberapa orang sering mengalami ketombean, kadang membuat sebagian orang tidak percaya diri karena ketombe yang terus menerus dan mengotori baju.

Penyebab ketombe bermacam-macam, mulai dari kulit kepala yang kering hingga produk shampoo yang tidak sesuai dengan keadaan kulit kepala. Lebih jelasnya simak saja penyebab ketombe di bawah ini.

Penyebab ketombe :

Baca juga : Mempunyai Kuku Pendek Lebih Baik

1.Jarang keramas. Jarang keramas atau mencuci rambut tentu akan membuat kulit kepala yang mati dan kering menumpuk dan menyebabkan ketombe.

2.Terlalu sering keramas. Sebaliknya, terlalu sering keramas atau mencuci rambut akan membuat rambut tidak memiliki waktu untuk membuat memproduksi minyak rambut alami agar kulit kepala tidak kering dan berketombe.

3.Kulit kering. Hal ini menjadi penyebab paling umum dari adanya ketombe. Kulit kering tidak hanya bisa terjadi pada kulit kepala saja, namun bisa pada kulit tangan dan kaki.

4.Produk shampoo dan conditioner yang tidak cocok dengan kulit kepala. Memilih produk shampoo dan conditioner yang tepat bagi kulit kepala juga termasuk dalam faktor penting agar kulit kepala tidak berketombe.

Baca juga : Memulihkan Stamina Tubuh Dengan Cepat

5.Infeksi jamur malassezia. Jamur malassezia ini biasa hidup di kulit kepala dan tidak berakibat penting pada kulit kepala. Namun jika berlebihan, jamu ini akan menyebabkan iritasi kulit kepala hingga berketombe.

Jika Anda sudah mencoba bermacam-macam shampoo anti-ketombe namun tidak juga merasakan hasilnya, tidak ada salahnya Anda mencoba cara menghilangkan ketombe secara alami.

Berikut beberapa tips untuk mengilangkan Ketombe :

1.Lidah Buaya

Lidah buaya memang dikenal memiliki banyak manfaat karena apa yang ada di dalam lidah buaya memang sangat bermanfaat. Kandungan dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Tidak hanya untuk menghitamkan rambut, membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, lidah buaya juga sangat ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami

2. Daun Sirsak

Salah satu kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan dalam daun sirsak adalah acetogenin Acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Acetogenin masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria. Namun tidak hanya untuk kesehatan saja, Daun sirsak memang bermanfaat bagi manusia, namun secara ajaib sangat beracun bagi serangga atau parasit. Karena itulah daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe.

3.Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang paling kaya mengandung vitamin C. Tidak hanya vitamin C saja, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fofsor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Tidak lupa juga asam sitrat yang membuat rasa asam. Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Anda dapat menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambut Anda atau untuk mengatasi kebotakan. Selain menebalkan rambut, penggunaan teratur jeruk nipis pada kulit kepala juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe.

4.Minyak Kemiri

Tidak hanya digunakan sebagai minyak penyubur rambut, minyak kemiri juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami tanpa merusak rambut.

Semoga bermanfaat.

Related posts