Daftar Perawatan yang Wajib untuk Wajah Pria

Daftar Perawatan yang Wajib untuk Wajah Pria

Daftar Perawatan yang Wajib untuk Wajah Pria – Bukan hanya wanita, tapi pria juga membutuhkan sebuah perawatan untuk menjaga kesehatan dan mendapat wajah yang bersih terhindar dari berbagai masalah wajah seperti jerawat.

Facial Wash

Produk pertama dalam merawat wajah yang wajib dimiliki adalah facial wash atau sabun pencuci muka. Pilih facial wash yang cocok dengan jenis kulit. Gunakan facial wash secara rutin di pagi hari dan malam hari sebelum tidur untuk membersihkan kotoran yang menempel di wajah. Hindari penggunaan sabun mandi biasa untuk mencuci muka karena kandungan pH-nya terlalu basa, mampu mengeringkan kulit wajah. Jika kamu rutin membersihkan wajah, risiko munculnya jerawat dan komedo akan berkurang.

Toner

Selanjutnya, setelah mencuci wajah hingga bersih, jangan lupa gunakan toner. Toner bermanfaat untuk menyeimbangkan pH wajah dan dapat mengatasi kulit wajah yang berminyak. Fungsi lainnya dari toner selain menyegarkan kulit, juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah dehidrasi pada kulit.

Moisturizer atau Pelembap Kulit

Terjaganya kelembapan kulit menjadi satu hal yang perlu diperhatikan terutama bagi pemilik kulit kering, yaitu dengan menggunakan moisturizer atau pelembap. Produk perawatan wajah pria satu ini bekerja untuk mencerahkan wajah serta mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput, kusam, dan garis-garis halus. Bagi pemilik kulit kering, pilih pelembap dengan tekstur cream. Sedangkan bagi kulit berminyak, pilih pelembap berbahan dasar air (water based). Agar mendapat hasil yang maksimal, gunakan pelembap ketika kulit masih dalam keadaan lembap karena lebih mudah menyerap ke kulit, seperti setelah mandi.

Baca Juga :Rekomendasi Cat Kuku yang Aman dan Halal

Sun Protection atau Tabir Surya

Sun Protection mampu mencegah kerusakan sel-sel kulit akibat paparan sinar matahari yang menimbulkan keriput, bintik hitam hingga kanker kulit. Untuk mendapat hasil perawatan wajah pria yang memuaskan, gunakan sun protection pada kulit wajah, telinga, dan leher beberapa saat sebelum pergi keluar ruangan. Disarankan menggunakan produk sun protection yang bersifat waterproof dan kandungan SPF minimal 30.

Scrub Wajah

Produk scrub wajah penting digunakan untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati atau lebih dikenal dengan proses eksfoliasi wajah. Cara penggunaannya memang mirip dengan facial wash, yaitu dioleskan pada wajah lalu dibilas dengan air bersih. Dari segi formulasinya, scrub wajah mengandung butiran-butiran yang bekerja untuk mengangkat sel-sel mati di kulit dan mempercepat regenerasi kulit. Tahap perawatan wajah pria ini sebaiknya dilakukan maksimal 2 kali dalam seminggu. Penggunaan scrub wajah juga bisa mencegah timbulnya jenggot atau bulu halus tumbuh ke dalam.

Facial Mask atau Masker Wajah

Jika kamu tergolong pria yang aktif bekerja atau beraktifitas di luar ruangan, memang perlu perawatan wajah ekstra. Salah satu cara mudah untuk merawat kulit wajah dari berbagai masalah kulit seperti jerawat, keriput, dan kulit kusam adalah dengan rutin menggunakan masker wajah. Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker wajah 2 kali seminggu. Pilih jenis masker sesuai dengan kondisi kulit yang dimiliki.

Related posts