Demi Kesehatan Barang Ini Jangan Berbagi

Demi Kesehatan Barang Ini Jangan Berbagi

Caramerawatdiri.web.id – Sejak kecil, kami selalu diajari untuk berbagi. Baik itu pakaian, mainan, makanan atau apa pun. Kata “berbagi adalah kepedulian” adalah sesuatu yang disukai banyak orang karena berbagi tidak hanya menyenangkan tetapi dapat membuat Anda bahagia. Namun, ada beberapa barang pribadi yang mungkin tidak Anda pinjami kepada orang terdekat karena berbagai risiko kesehatan yang mereka miliki.

Handuk
Berbagi handuk dalam bentuk apapun adalah hal yang tidak boleh bahkan jika handuk itu baru digunakan. Bakteri seperti infeksi Staph dapat hidup di handuk selama berjam-jam, berhari-hari, bahkan berbulan-bulan. Hal ini dikarenakan handuk memiliki kelembaban yang bisa memunculkan bakteri. Oleh karena itu, ganti handuk setidaknya sekali seminggu dan gantung hingga kerung di ruang terbuka. Ingat, jangan pernah meminjamkan handuk kepada siapapun, bahkan anggota keluarga sekalipun.

Sisir
Sisir dapat menyebarkan sejumlah penyakit kulit seperti kutu kepala, kudis, dan kadang-kadang infeksi. Sesama keluarga sekalipun, kamu tidak boleh berbagi sisir. Tetapi saling meminjam sisir adalah kebiasaan yang sepertinya sulit dihindari apalagi ketika di salon atau tukang cukur rambut. Karenanya, selalu pastikan menggunakan pembersih rambut sebelumnya. Jangan lupa untuk selalu membersihkan sisir dengan sabun dan air anti bakteri dan rendam sekitar satu atau dua jam. Lakukan proses ini setiap dua minggu sekali.

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan Anak

Kuas make-up
Saling pinjam meminjam barang antar wanita sepertinya nggak bisa dihindari. Salah satu barang yang sering dipinjam adalah kuas make-up padahal itu adalah salah satu barang yang tidak boleh dipinjamkan ke orang lain baik itu kuas untuk mata atau wajah. Kuas make-up dapat menampung kuman dan bakteri bila tidak dijaga kebersihannya. Karena itu disarankan membawa kuas cadangan untuk berjaga-jaga jika ada yang ingin menggunakan kuas make-up mu.

Earphone
Memakai earphone orang lain dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri di telinga. Risiko meningkat jika kamu menggunakannya ketika berolahraga. Selain itu, berbagai earphone menyebabkan bakteri seperti treptococcus dan staphylococcus untuk masuk ke telinga dan menyebabkan infeksi, dan bisul. Jika masih ingin berbagi, bersihkan terlebih dahulu dengan kapas yang dicelupkan dalam alkohol.

Gunting kuku
Kita tidak bisa melihatnya tetapi ada sejumlah besar bakteri, virus, dan mikroorganisme jamur pada jari dan kuku manusia. Karena itu, gunting kuku bisa menjadi vektor infeksi. Dengan demikian, penggunaan gunting kuku orang lain meningkatkan risiko penyakit jamur dan infeksi kulit lainnya.

Related posts