Makanan Khas Betawi yang Wajib di Coba

Makanan Khas Betawi yang Wajib di Coba

Makanan Khas Betawi yang Wajib di Coba – Seperti yang kita semua ketahui bahwa setiap daerah pasti memiliki makanan khas yang dapat menjadi makanan yang di ingat beberapa orang saat sedang berada di sana. Betawi adalah sebutan untuk suku asli kota Jakarta di Indonesia. Kuliner Betawi dipengaruhi oleh budaya Cina, Eropa, dan Arab, sehingga memberikan rasa gurih dan sedap.

1. Pecak Lele
Makanan Betawi yang pertama adalah pecak lele. Olahan ikan lele memang akrab dengan kehidupan masyarakat Indonesia.

Namun olahan lele khas Betawi ini memiliki citarasa yang unik. Jika pada umumnya ikan lele hanya digoreng dan disajikan dengan sambal maka pecak lele ini disajikan dengan bumbu saus kacang dan air asam Jawa serta santan yang disiramkan di atas lele goreng.

2. Soto Tangkar
Makanan Betawi berikutnya adalah soto tangkar. Bagi kamu pecinta soto harus mencoba jenis soto tangkar khas Betawi.

Sebab, soto ini berbeda dengan soto lainnya yang biasanya hanya menggunakan daging ayam atau daging sapi. Soto tangkar menggunakan iga sapi.

Rasa yang gurih dengan campuran rempah-rempah membuat soto ini banyak dicari. Namun kenyataannya kini soto ini cukup sulit untuk ditemui.

3. Semur Jengkol
Semur jengkol merupakan makanan khas Betawi yang hingga kini masih eksis di tengah masyarakat Jakarta. Meskipun jengkol memiliki ciri khas bau yang menyengat dan tidak semua orang suka. Namun berbeda dengan semur jengkol yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah-rempah yang khas menjadikan jengkol yang awalnya terasa pahit menjadi lezat dan mantap di lidah.

Semur jengkol ini bisa kamu jadikan sebagai lauk dengan nasi putih hangat. Saking terkenalnya, semur jengkol bisa kamu temui di berbagai rumah makan di seluruh Indonesia.

4. Soto Betawi
Makanan ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan menu soto. Soto Betawi merupakan makanan khas Betawi yang terkenal lezat dan populer.

Soto ini biasanya menggunakan daging jeroan seperti hati, paru, babat, maupun organ sapi lainnya. Sedangkan kuah sotonya sendiri terbuat dari campuran susu dan santan yang tentu membuat rasanya jadi begitu khas dan lezat. Soto ini sangat cocok ditambahkan emping dan nasi yang masih hangat.

5. Asinan Betawi
Selain soto Betawi, makanan Betawi berikutnya yang harus kamu coba adalah asinan Betawi. Selain enak, asinan Betawi juga sangat mudah ditemui banyak sekali penjual gerobak asinan di sepanjang jalan Jakarta.

Asinan Betawi sendiri adalah campuran berbagai sayuran yang diasinkan dan diawetkan seperti kubis, kecambah, tahu, sawi, selada ditambah dengan bumbu kacang yang sudah dicampur cuka dan cabai.

Terakhir ditaburi kacang goreng dan bisa disantap dengan kerupuk kuning berbentuk seperti mi yang melingkar, biasanya kerupuk ini diremuk dan ditaburkan di atas asinan. Meskipun namanya asinan, jangan sampai salah mengira karena makanan ini sama sekali tidak terasa asin melainkan segar dan cocok untuk dimakan ketika siang hari.

Related posts