Manfaat Tanaman Nilam Untuk kesehatan

Manfaat Tanaman Nilam Untuk kesehatan

Caramerawatdiri.web.id – Nilam adalah salah satu tanaman yang sering ditemukan di Asia dan memiliki banyak manfaat. Nama lain untuk Nilam adalah Pogostemon cablin. Nilam sendiri sering ditemukan di Indonesia, daunnya digunakan untuk membuat parfum untuk obat-obatan tradisional yang kaya akan manfaat.

Tinggi Nilam biasanya di antara 500 sampai dengan 1000 centimeter. Memiliki banyak cabang berbulu di sekitar batangnya. Batangnya sendiri terbilang cukup besar yaitu sekitar 20 cm dengan barna batang biru keunguan. Ciri lain dari tanaman Nilam adalah sering tumbuh di daerah yang dingin atau berada di kisaran 24 sampai dengan 28 derajat selsius. Bagian dari tanaman Nilam yang sering digunakan adalah bagian daunnya. Daun Nilam biasanya digunakan sebagai bahan dalam menghasilkan minyak nilam atau minyak atsiri. Selain populer di dalam negeri, minyak nilam juga sering digunakan untuk pembuatan minyak wangi hingga dupa di luar negeri khususnya di kawasan timur.

Selain digunakan untuk membuat minyak nilam yang berfungsi untuk pengharum. Nilam ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk hal lain dalam dunia kesehatan. Daun Nilam dapat direbus dan kamu bisa mengonsumsi air rebusannya untuk mengobati berbagai penyakit. Khasiatnya akan bertambah jika Nilam diolah dengan bahan-bahan herbal lainnya. Untuk mengetahui apa sajakah manfaat tanaman nilam untuk kesehatan bahkan kecantikan, berikut ini Liputan6.com telah merangkup beberapa informasi mengenai tanaman nilam beserta fungsinya Senin (25/03/2019).

Manfaat Tanaman Nilam untuk Kesehatan

Obat sakit kepala
Manfaat tanaman Nilam yang pertama adalah untuk meredakan dan mengobati sakit kepala. Tanaman herbal ini mengandung senyawa pada daunnya yang mampu meredakan sakit kepala yang kamu derita, hingga migrain. Kamu bisa merebus daun nilam kemudian meminumnya untuk meredakan sakit kepala yang kamu derita.

Mengatasi penyakit disentri
Daun nilam juga dipercaya dapat mengobati penyakit disentri. Disentri sendiri merupakan penyakit dengan gejala diare, mual, muntah, demam, hingga keram perut. Selain dapat mengobati disentri, daun nilam juga dapat mencegah tubuh untuk terserang penyakit ini.

Obat bisul
Kandungan dari daun Nilam dapat mengobati dan meredakan penyakit bisul yang menyerang kulit. Dengan mengonsumsi rebusan daun nilam, atau membuat tumbukan daun nilam yang sebelumnya sudah direbus, kemudian dibalurkan ke area yang terkena bisul, diamkan hingga mengering.

Efektif untuk rematik

Efektif untuk rematik
Rematik merupakan penyakit atau masalah yang sering menyerang orang tua. Namun rematik juga dapat menyerang anak muda bahkan anak-anak. Akar tanaman Nilam dapat digunakan untuk meredakan sakit yang disebabkan oleh rematik, yaitu dengan cara meremas-remas akar tanaman nilam kemudian membalurkannya kebagian yang terasa sakit. Diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air hangat. Manfaat ini akan terasa jika dilakukan secara terus menerus.

Menjaga kesehatan ginjal
Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Jika ginjal terganggu, maka fungsi lain dari tubuh kita juga akan terganggu dan bisa saja kita terserang berbagai macam penyakit lainnya. Maka dari itu kita harus selalu menjaga kesehatan ginjal agar tidak bermasalah atau terserang penyakit. Mengonsumsi daun Nilam yang sudah direbus akan membantu menjaga kesehatan ginjal. Kandungan dalam daun nilam salah satunya memang dapat menjaga kesehatan ginjal yang kita miliki.

Mencegah infeksi
Manfaat daun Nilam selanjutnya adalah mencegah kita terkena infeksi. Infeksi adalah sebuah keadaan di mana luka menjadi lebih parah dan semakin membesar atau memburuk. Dengan menggunakan daun nilam yang sudah diekstrak menjadi minyak atsiri, dapat mengendalikan dan mencegah terjadinya infeksi pada luka kita. Oleskan minyak nilam atau atsiri di daerah yang terluka atau terinfeksi dan diamkan selama beberapa saat sebelum membasuhnya dengan air bersih.

Juga bagus untuk kesehatan kulit

Untuk menghilangkan jerawat
Jerawat dapat dihilangkan dengan menggunakan daun Nilam. Dengan membuat masker dari daun nilam, akan membuat jerawat yang membandel hilang dan wajah kembali bersih. Lakukan ini sesering mungkin, karena manfaatnya tidak akan terlihat jika hanya dilakukan sekali saja.

Melancarkan buang air kecil
Jika kamu sering mengalami masalah sulit buang air kecil, hingga jarang buang air kecil, ada baiknya kamu mengkonsumsi rebusan daun Nilam. Rebusan daun Nilam dapat mengatasi kesulitan untuk buang air kecil, sehingga dapat melancarkannya dan kamu akan terhindar dari perasaan yang tidak nyaman dan penyakit yang disebabkan oleh susah buang air kecil.

Mencegah bau badan
Mengonsumsi rebusan daun Nilam, dan mandi dengan rebusan air daun nilam dapat mengurangi masalah bau badan yang sering kamu alami. Kandungan minyak alami dari daun ini dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau badan dan keharumannya dapat membuat kamu terhindar dari bau badan.

Baca juga : Tips Agar Tempat Kerja Nyaman Dan Sehat

Menjaga daya tahan tubuh
Manfaat tumbuhan nilam yang terakhir adalah dapat menjaga daya tahan tubuh. Kandungan senyawa yang ada pada tumbuhan ini terutama pada daunnya dapat meningkatkan imunitas tubuh kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Konsumsi rebusan daun Nilam setiap hari akan membuat kamu semakin fit dan terhindar dari berbagai penyakit. Itulah beberapa manfaat tumbuhan Nilam dari daunnya hingga akarnya. Sangat bermanfaat bukan? Masih banyak lagi manfaat tumbuhan Nilam lainnya bagi tubuh bahkan untuk kecantikan kulit. Selain memang minyak dari daun Nilam sudah cukup terkenal, tumbuhan ini juga sering digunakan untuk campuran obat-obatan dalam dunia kedokteran.

Related posts