Merawat Diri dengan Menjaga Kesehatan Mental

Merawat Diri dengan Menjaga Kesehatan Mental

caramerawatdiri.web.id – Mental yang sehat akan membawa hal positif untuk masuk ke dalam hari-hari kita. Kesehatan mental mempengaruhi kejiwaan dan mood seseorang. Tapi untuk saat ini sangat sulit mendapatkan mental yang selalu positif.

caramerawatdiri.web.id sudah merangkum tips untuk menjaga mental agar selalu positf.

Baca juga : Tauge Bermanfaat untuk Kesehatan

1. Baik pada diri sendiri

Jangan terlalu keras pada diri sendiri sehingga kamu lupa cara menikmati hidup.

Kapanpun kamu merenung, fokuskan kembali perhatianmu kepada semua hal yang kamu punya, target yang sudah tercapai dan orang-orang tercinta yang mendukungmu. Pahamilah bahwa kesalahan adalah bagian dari proses pembelajaran.

Penelitian menunjukkan bahwa kritik diri secara terus menerus dan perfeksionisme bisa meningkatkan stres, menurunkan produktivitas serta memicu penyakit mental, seperti depresi dan gangguan makan.

Jadi, kuncinya adalah menerima diri sendiri serta menyusun target realistis dalam hidup.

amu juga perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri beristirahat. Kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang menyebarkan pesan positif dan mendukungmu.

2. Meditasi

Tidak ada bukti ilmiah yang membantah manfaat meditasi. Selain menghilangkan stres, meditasi juga bisa membantu kita tetap fokus, meningkatkan mood, meningkatkan memori, dan membuat tidur lebih nyenyak.

Cobalah bermeditasi setidaknya 10 menit setiap pagi untuk mendapatkan manfaatnya.

Ada banyak tipe meditasi yang bisa dipilih. Mulai dari meditasi pikiran, meditasi berjalan dan meditasi transedental.

3. Menyatukan diri dengan alam

Kamu bisa pergi hiking, jalan di tengah hutan, menghabiskan waktu di alam, atau melakukan hal lainnya untuk menyatukan dirimu dengan alam. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan mentalmu.

4. Menyusun prioritas

Lakukan evaluasi terhadap prioritas hidup serta bagaimana kita menghabiskan waktu dan energi dengan bijaksana. Pastikan prioritas tersebut sejalan dengan target hidupmu.

Mulailah dengan membuat daftar lima atau enam target yang ingin kamu capai tahun ini, baik target profesional maupun personal.

5. Tidur cukup

Evaluasi kembali pola tidurmu. Sebab, pola tidur dan kesehatan mental sangat berkaitan.

Related posts