Perawatan ASI Sebelum Kehamilan

Perawatan ASI Sebelum Kehamilan

caramerawatdiri.web.id Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Perawatan ASI Sebelum Kehamilan.  Berikut ini kami akan memberikan pembahasan yang berkaitan dengan artikel yang membahas mengenai Perawatan ASI Sebelum Kehamilan

ASI adalah asupan terbaik untuk bayimu. Semua nutrisi dan juga kandungan untuk kekebalan tubuh si kecil ada pada ASI. Nah, untuk mempersiapkan ini, ada baiknya mulai melakukan perawatan payudara sejak masih hamil.Merawat payudara sejak masa kehamilan bisa dilakukan agar ASI lebih lancar keluar. Cara merawat payudara adalah dengan membersihkan puting dengan kapas yang sudah dicelup air hangat sehari dua kali. Lebih baik lagi pada saat sedang mandi

Ibu tidak perlu membersihkannya dengan sabun ataupun baby oil karena areola atau area gelap di sekitar puting akan secara otomatis menjaga kelembaban areola dari kalenjar di dalamnya. Selain membersihkan ada satu cara lagi untuk merawat payudara sebelum melahirkan. Cara ini adalah dengan melakukan pijatan.Ibu bisa juga melakukan pemijatan pada payudara anda untuk memperlancar keluarnya ASI. Nah pijatnya jangan dilakukan sembarang ya. Pijat lembut payudara anda dari bagian tepi payudara ke area puting secara teratur. Lakukan setiap hari selama masa kehamilan untuk memperlancar ASI keluar nanti saat bayi sudah keluar.

Memiliki payudara kecil seringkali membuat seorang ibu kesulitan menyusui. Meskipun ASI (Air Susu Ibu) banyak, cara menyusui yang kurang tepat bisa membuat ibu kesulitan memberikan ASI tersebut ke buah hati.Besar kecil payudara seorang perempuan tidak ada hubungannya dengan suplai ASI di dalamnya atau sedikit banyak ASI yang dihasilkan. Besar kecilnya payudara sendiri disebabkan oleh jaringan lemak yang ada di tubuh perempuan. Teruntuk perempuan yang berpayudara kecil tapi tetap bisa menyusui dengan mudah, ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

Tidak Menyusui Hanya di Satu Payudara
Saat menyusui buah hati, usahakan untuk menyusui dengan kedua payudara. Meski terkadang anak lebih suka menyusu pada satu payudara, ibu harus melatih anak untuk menyusu di kedua payudara.

Menyusui Secara Teratur
Pastikan untuk menyusui secara teratur agar produksi ASI teratur pula. Menyusui secara teratur juga akan membuat anak terbiasa menyusu di waktu yang teratur pula. Ketika ibu terbiasa menyusui di waktu teratur, ini akan membuat anak semakin nyaman. Pada bayi yang baru lahir, menyusui bisa dilakukan setiap 2 sampai 3 jam sekali.

Baca Juga : Moisturizer Anti Mahal Mahal Klub

Gendong Bayi dengan Benar
Pastikan menggendong bayi dengan benar saat menyusui. Posisi gendongan yang nyaman juga akan membuat bayi atau anak nyaman. Dengan posisi gendongan yang nyaman, ini juga akan memudahkan anak menyusu.

Pegang Payudara dengan Posisi Tangan Membentuk Huruf V
Para ahli menyarankan agar ibu memegang payudara dengan posisi jari tangan membentuk huruf V saat menyusui. Tak hanya disarankan untuk ibu dengan payudara kecil, posisi tangan ini disarankan bagi seluruh ibu terlebih lagi bagi ibu yang baru melahirkan dan menyusui untuk pertama kali.Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar aktivitas menyusui semakin mudah dilakukan perempuan dengan payudara kecil. Semoga tips ini bermanfaat.

Related posts