Pola dan Menu Diet Menurut Golongan Darah A, B, AB, O

Pola dan Menu Diet Menurut Golongan Darah A, B, AB, O

caramerawatdiri.web.id – Pola dan Menu Diet Menurut Golongan Darah A, B, AB, O, Diet golongan darah adalah diet yang dilakuakn oleh seseorang menurut golongan darah O, A, B, AB. Diet menurut golongan darah ini ditemukan oleh Dr Peter D’Adamo, penulis bertajuk “Eat Right for Your Type.“

Menurut D’Adamo, reaksi kimia terjadi antara darah dan makanan yang Anda makan. Reaksi ini merupakan bagian dari warisan genetis. Reaksi ini disebabkan oleh faktor yang disebut Lektin. Lektin dan beragam protein yang ditemukan dalam makanan memiliki sifat aglutinasi yang memengaruhi darah Anda.

Jadi, ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung lektin protein yang tidak cocok dengan tipe antigen darah Anda, maka laktin mulai mengaglutinasi sel-sel darah dan ini akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dari sinilah konsep diet golongan darah bermula.

Baca juga : Fakta Karakteristik dan Kepribadian Orang Golongan Darah O

Sekarang sudah tahu kan pengertian diet golongan darah? Nah, berikut ini adalah panduan lengkap diet menurut golongan darah O, A, B, AB yang bisa Anda terapkan:

Diet Golongan Darah O
Diet menurut golongan darah O diyakini oleh D’Adamo sebagai kelompok hunter (pemburu), golongan darah yang pertama kali muncul pada manusia. Diet golongan darah O merekomendasikan bahwa golongan darah O adalah diet dengan protein tinggi. D’Adamo mendasarkan ini pada keyakinan bahwa golongan darah O adalah tipe darah yang pertama, sekitar 30.000 tahun yang lalu.

1. Karakter golongan darah O
Pemilik golongan darah O biasanya cenderung berprestasi tinggi, seorang yang aktif dan terorganisir.

2. Olahraga golongan darah O
Olahraga yang cocok untuk diet golongan darah O adalah latihan kardio, seperti jogging, bersepeda, berenang, atau jalan cepat. Latihan di pagi hari lebih baik daripada malam hari.

3. Menu diet golongan darah O
Diet menurut golongan darah O harus mengurangi karbohidrat dan tinggi protein. Sementara menu berikut ini adalah makanan yang direkomendasikan dan yang harus dihindari:

Makanan sebagai obat untuk diet golongan darah O
Makanan yang mempunyai efek sebagai obat untuk diet menurut golongan darah O:

Jahe, kailan, kunyit, daging (sapi, kerbau, rusa, domba, anak sapi), brokoli, ubi, labu, selada, lobak china, bluberi, rumput laut, ganggang laut, ceri, jambu biji, kacang merah, bumbu kari, kacang polong, semua jenis bawang.

Makanan yang netral untuk diet golongan darah O
Makanan yang tidak bereaksi apapun (netral) untuk diet golongan darah O:

Ikan mas, belut, lobster, ikan tuna, bubur gandum, beras, kue beras, roti beras, tepung gandum, ikan sardine, udang, telur (ayam, bebek), mentega, kacang (hitam, merah, buncis, kedelai), tempe, tahu, susu kedelai, terung, tomat, labu, dan daging (ayam, bebek, kambing, angsa, kalkun, kelinci)

Makanan yang dihindari diet golongan darah O
Hindari makanan yang beraksi negatif untuk diet golongan darah O:

Daging babi, kacang tanah, kacang mede, kuaci, laichi, kentang, mentimun, kembang kol, kerang, kodok, gurita, telur (angsa, puyuh), es krim, keju, susu sapi, yoghurt (semua jenis), minyak kelapa, penyu, minyak jagung, jagung, jamur, blewah, jeruk mandarin, pisang raja, pare, anggur putih, kecap, kopi, minuman keras, cumi, sotong, dan bunga brokoli.

Diet Golongan Darah A
Golongan darah A disebut cultivator (penggarap tanah, bercocok tanah) oleh D’Adamo, golongan darah A berkembang pada zaman pertanian, sekitar 20.000 tahun yang lalu. Diet golongan darah merekomendasikan bahwa individu-individu yang sedang melakukan diet menurut golongan darah A diharuskan memperbanyak makan sayuran dan menghindari daging merah, asupan makanan diarahkan lebih ke arah vegetarian.

1. Karakter golongan darah A
Orang dengan golongan darah A cenderung sangat kreatif, sangat sensitif, dan pemecah masalah yang baik.

2. Olahraga golongan darah A
Para pemilik golongan darah A cenderung lebih cocok melakukan olahraga yang santai selama 30 menit, seperti yoga, tai chi, berjalan, dan olahraga outdoor. Pemilik golongan darah ini kurang aktif dalam berolahraga.

3. Menu diet golongan darah A
Diet menurut golongan darah A harus rendah lemak dan tinggi karbohidrat. Berikut ini adalah makanan yang direkomendasikan dan yang harus dihindari golongan darag A:

Makanan sebagai obat untuk diet golongan darah A
Makanan yang mempunyai efek sebagai obat untuk diet menurut golongan darah A:

Bayam, kacang tanah, kacang buncis, susu kedelai, tahu, ikan mas, ikan sardine, jus nanas, mangga, pisang, jeruk limau, sitrun, tempe, tepung beras, bluberi, brokoli, wortel, dan minyak zaitun.

Makanan yang netral untuk diet golongan darah A
Makanan yang tidak bereaksi apapun (netral) untuk diet golongan darah A:

Ikan tuna, telur puyuh, biji wijen, labu, bawang merah, mentimun, talas, anggur (semua jenis), melon, blewah, pir, delima, kiwi, kurma, strowberi, kesemek, jambu biji, daging (ayam, burung unta, belibis, kalkun, burung dara), telur ayam & bebek, biji bunga matahari, roti gandum, kacang ercis/ kapri, jagung, dan tapioka.

Makanan yang dihindari untuk diet golongan darah A
Hindari makanan yang bereaksi negatif untuk diet golongan darah A:

Daging (sapi, angsa, kelinci, ayam hutan, kerbau, domba, bebek), lobster, belut, kodok, keju, es krim, susu, murni, kelapa/ santan, melon madu, pisang raja, pepaya, acar, terung, tomat, ubi, gurita, kepiting, kentang, jeruk, udang, cumi, mentega, susu sapi, pare, dan air soda.

Diet Golongan Darah B
Golongan darah B, menurut D’Adamo disebut dengan tipe nomad (pengembara). Golongan darah ini terkait dengan sistem kekebalan yang kuat dan sistem pencernaan yang fleksibel.

1. Karakter golongan darah B
Menurut teori diet golongan darah, orang dengan golongan darah B adalah satu satunya orang yang bisa berkembang dengan baik dengan produk susu. Diperkirakan golongan darah B berasal dari 10.000 tahun yang lalu.

Pemilik golongan darah ini cenderung sangat praktis, seorang yang tidak suka bertele-tele dalam banyak hal.

2. Olahraga untuk golognan darah B
Olahraga yang cocok untuk diet golongan darah B adalah latihan moderat, yang menggunakan tubuh dan otak. Olahraga seperti balet, menari dapat dilakukan untuk menunjang diet menurut golongan darah B.

3. Menu diet golongan darah B
Diet menurut golongan darah A dapat mengonsumsi susu dan produk olahan susu lainnya. Berikut ini adalah makanan yang direkomendasikan dan yang harus dihindari golongan darah A:

Makanan sebagai obat untuk diet golongan darah B
Makanan yang mempunyai efek sebagai obat untuk diet golongan darah B: Kembang kol, terung, teh hijau, kue beras, brokoli, ubi, wortel, daging (kambing, domba, kelinci, rusa), bubur gandum, ikan laut, susu sapi, keju, dan roti essene.

Makanan yang netral untuk diet golongan darah B
Makanan yang tidak bereaksi apapun (nentral) untuk diet golongan darah B:

Telur ayam, roti beras, bayam, brokoli, selada, mentimun, labu, kentang, sawi,Cumi-cumi, ikan mas, ikan tuna, mentega, keju, mangga, melon, Daging (sapi, kerbau, kalkun, hati anak sapi), jeruk, pir,kacang merah, kacang buncis, tepung beras, kurma, jambu biji.

Makanan yang dihindari untuk diet golongan darah B
Hindari makanan yang bereaksi negatif untuk diet golongan darah B:

Daging (bebek, ayam, angsa, belibis, babi, kuda, keong, kepiting, siput, kacang tanah, roti gandum, tomat, waluh, jagung, air soda, minuman beralkohol avokad, pare, delima, kelapa/ santan, kesemek, belimbing, belut, kodok, gurita, lobster, es krim, telur (bebek, angsa, puyuh), dan buah pir.

Diet Golongan Darah AB
Golongan darah AB, menurut D’Adamo disebut sebagai the enigma (teka-teki, misterius). Golongan darah AB merupakan jenis golongan darah yang terakhir berevolusi, berasal kira-kira 1.000 tahun yang lalu. Dalam hal kebutuhan makanan, golongan darah AB diperlakukan sebagai golongan darah yang merupakan perantara antara golongan darah A dan B.

1. Karakter golongan darah AB
Orang dengan golongan darah AB memiliki sifat cerdik dan kreatif, memiliki pemikiran yang baik untuk bisnis, mudah bergaul dengan orang.

2. Olahraga untuk golongan darah AB
Dalam diet golongan darah, olahraga yang cocok untuk diet menururt golongan darah O ini adalah yoga atau pilates sekali dalam seminggu, Jogging ringan dapat pula dilakukan dengan intensitas yang lebih sering.

3. Menu diet golongan darah AB
Diet menurut golongan darah AB dapat menyesuaikan dengan berbagai jenis makanan, berikut adalah menu diet yang cocok untuk golongan darah AB:

Makanan sebagai obat untuk diet golongan darah AB
Makanan yang mempunyai efek sebagai obat untuk diet golongan darah AB:

Ikan sardin, teh hijau, ikan tuna, susu kambing, putih telur ayam, keju ricotta, krim asam (rendah kalori), anggur merah, dan daging (kalkun,domba, kelinci).

Makanan yang netral untuk diet golongan darah AB
Makanan yang tidak bereaksi apapun (netral) untuk diet golongan darah AB):

kacang merah, roti beras, bayam, brokoli, selada, mentimun, labu, kentang, sawi, mangga, Cumi-cumi, ikan mas, kacang buncis, tepung beras, ikan tuna, mentega, keju, telur ayam, melon, jeruk, pir, kurma, jambu biji.

Makanan yang dihindari untuk diet golongan darah AB
Meski dapat menyesuaikan dengan berbagai jenis makanan, namun hindari makanan berikut:

Kesemek, daging (sapi, kerbau, ayam, bebek, angsa, babi, rusa kuda), lobster, kepiting, kodok, mentega, acar, jagung, belimbing, delima, minuman beralkohol, saus tomat, kopi, soda, jambu biji, mangga, kacang hitam, Es krim, telor bebek, pare, pisang, kelapa.

Itulah pengertian diet golongan dan panduan lengkap diet menurut golongan darah O, A, B, AB yang bisa Anda terapkan. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, untuk mendapatkan tips diet yang tepat untuk Anda.

Related posts