Sehat Dengan Makan Sebelum Lapar

makan

caramerawatdiri.web.id – Makan sebelum lapar. Mungkin ini adalah tindakan paling bijak untuk menghindari makan terlalu banyak, jadi tidak ada gula yang berlebih di dalam tubuh. Selain untuk kesehatan, ada alasan lain untuk melakukan makan sebelum lapar tersebut ya guys.

Baca juga : Manfaat Matahari Pagi Bagi Kesehatan

Kunci badan ideal adalah kalori yang keluar lebih banyak dari kalori masuk

Prinsipnya, berat badan bisa turun jika kalori yang Anda bakar lebih banyak daripada kalori yang Anda dapat. Ini sebabnya Anda harus mengontrol asupan makanan Anda selama diet.

Tapi tak dapat dipungkiri bahwa menahan godaan untuk makan itu lumayan sulit. Terlebih, kebanyakan makanan enak biasanya juga berkalori tinggi.

Makanan yang Anda makan selama kurang dari 5 menit bisa mempunyai kalori yang sama dengan Anda melakukan olahraga selama satu jam. Jadi, jangan sia-siakan usaha yang sudah Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan tinggi kalori. Pasalnya, kalori yang Anda bakar saat olahraga akan diganti dengan kalori yang lebih banyak dari makanan.

Tips makan sebelum dan setelah olahraga agar tidak berlebihan

1. Makan dalam porsi kecil sebelum melakukan olahraga pagi

Ya, makan sebelum berolahraga pagi penting dilakukan, terlebih perut Anda sudah tidak menerima makanan sejak kemarin malam. Makan dalam porsi kecil (tidak dihitung sebagai sarapan) dapat memberi Anda sedikit energi sebelum Anda olahraga. Namun, jangan terlalu banyak mengambil makanan. Cukup satu lembar roti atau tiga keping biskuit sudah cukup memberi Anda energi sebelum berolahraga. Dan, jangan lupa untuk minum

Baca juga : Hindari Tidur Dengan Hp di Sebelah Bantal

2. Sarapan setelah olahraga pagi

Setelah olahraga pagi, pastikan Anda sarapan dengan menu makanan yang mengandung karbohidrat (terutama karbohidrat kompleks) dan protein. Seperti, roti gandum dengan telur atau susu rendah lemak dengan oatmeal. Tapi tetap ingat, perhatikan porsinya, jangan terlalu banyak.

Karbohidrat dapat mengganti energi yang sudah Anda pakai selama olahraga. Sedangkan, protein dapat membantu memperbaiki jaringan otot yang rusak setelah berolahraga, sehingga pemulihan setelah olahraga bisa berlangsung dengan cepat.

Di siang hari (beberapa jam sebelum Anda olahraga), sebaiknya Anda makan lagi dengan nutrisi yang lengkap. Ini berguna untuk memberi cukup kalori untuk olahraga sore Anda. Pastikan piring Anda terdiri dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein, sayuran, dan buah-buahan.

3. Makan siang atau makan 1-2 jam sebelum olahraga sore

Karbohidrat bisa Anda dapatkan dari nasi merah, pasta gandum, atau roti gandum. Protein bisa Anda dapatkan dari ikan, daging, ayam, dan telur. Lebih baik lagi jika Anda memasak bahan makanan tersebut dengan cara dipanggang, direbus, atau dikukus, bukan digoreng. Hal ini dilakukan untuk menghindari asupan lemak jenuh berlebih.

Nah, sebelum Anda melakukan olahraga sore, sebaiknya Anda makan lagi 15-30 menit sebelumnya. Tapi, cukup dengan makan buah, seperti pisang atau apel, dan minum air putih. Ini bisa memberi Anda energi awal yang baik untuk berolahraga.

Related posts