Tips Cara Merawat Hidung Agar Tetap Sehat

Tips Cara Merawat Hidung Agar Tetap Sehat

Caramerawatdiri.web.id – Hidung merupakan salah satu indera yang tentu saja harus kamu jaga kesehatannya dengan baik. Kamu tidak akan bisa menikmati aroma makanan dan parfum yang wangi jika kamu mengabaikan kesehatan indera penciumanmu. Saat kesehatan hidungmu terganggu, maka otomatis kesehatan-kesehatan anggota tubuh yang lain ikut bermasalah. Lalu, bagaimana sih cara merawat hidung agar tetap sehat dan berfungsi secara normal? Bagi kalian yang ingin tahu tips cara merawat hidung agar tetap sehat silahkan simak pembahasan dibawah ini :

1. Memakai masker saat berkendara, terutama ketika musim kemarau tiba.
Terutama ketika musim kemarau, memakai masker saat berkendara dengan motor tentu saja wajib kamu lakukan. Udara kotor dan polusi yang terpapar di sepanjang jalan tentu saja akan membuat sistem pernafasan kamu terganggu dan membuat hidungmu menjadi tak sehat. Debu-debu jalanan yang beterbangan akan masuk ke dalam tubuh melalui hidung jika kamu nekat tak memakai masker ketika berkendara.

2. Punya kebiasaan mengupil? Kurangi dengan segera ya
Eits, jangan salah. Meski sepele, mengupil ternyata tak baik untuk kesehatan hidung, lho. Apalagi jika dilakukan terlalu sering dan kasar, kegiatan simpel tersebut mampu membuat kesehatan hidungmu terganggu. Karena di dalam hidung terdapat pembuluh darah yang rapuh, maka kegiatan mengupil akan membuat hidung rentan terkena iritasi.

3. Hindari lingkungan orang-orang yang merokok dengan bebas
Jangan karena alasan pertemanan, kamu mengabaikan kesehatan hidungmu dengan tetap berada di lingkungan orang-orang yang merokok ya? Ingat ya, perokok pasif memiliki risiko terkena penyakit lebih besar daripada perokok aktif. Jika kamu melihat orang-orang di sekitar merokok, lebih baik hindari jika merasa tidak mampu memberikan teguran.

Baca Juga : Tips Merawat Payudara Dan Ciri Payudara Sehat dan Normal

4. Jangan sekali-kali mencabut bulu hidung dengan alasan penampilan
Terutama bagi kaum pria, mencabuti bulu hidung tentu juga sangat tak baik bagi kesehatan hidungmu. Bulu-bulu tipis dalam hidung berfungsi sebagai penyaring udara kotor yang masuk sehingga membuat kesehatan hidung tetap terjaga. Selain itu, syaraf-syaraf di hidung juga akan mempengaruhi otak jika kamu dengan rutin mencabuti bulu hidung.

5. Tetap syukuri nikmat Tuhan dengan tidak melakukan operasi hidung
Nah, ini nih yang biasanya banyak dilakukan orang-orang di era modern dengan hidungnya. Karena alasan untuk menunjang penampilan dan menambah rasa percaya diri, orang dengan mudah melakukan perubahan hidung dengan cara operasi. Selain tidak mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan, kesehatan hidungmu juga sudah pasti akan terganggu di masa depan.

Dengan menerapkan beberapa tips sederhana di atas, yakin kesehatan hidungmu akan tetap terjaga dan mampu mencium aroma-aroma yang membahagiakan.

Related posts