Tips Menjaga Suara tetap Merdu

Template baruu-Recovered

Caramerawatdiri.web.id Dimana ada melodi otomatis tubuh bergerak mengikuti irama dengan lantunan musik,dan terkadang jika kita berkumpul bersama teman dekat mendengar lagu,kita akan bernyanyi bersama,namun apa yang jika suara yang kita keluarkan tidak dalam kondisi fit? Tentu saja itu membuat kita malu apalagi jika ada lawan jenis yang kita sukai. Berikut akan kami berikan tips menjaga suara tetap Merdu .

1. Cukupi kebutuhan cairan Minumlah cukup air putih setiap hari dan hindari minuman beralkohol dan kafein. Vokal suara kita bergetar sangat cepat, dan air akan menjaganya tetap berpelumas. Buah-buahan yang banyak mengandung air, seperti semangka, apel, pir, atau melon, juga sangat disarankan untuk dikonsumsi.

2. Istirahat bersuara Mereka yang pekerjaan sehari-harinya banyak menggunakan suara, seperti penyanyi profesional, guru, atau pengkhotbah, disarankan untuk mengistirahatkan suaranya di antara periode-periode tertentu. Hal ini untuk mencegah timbulnya benjolan-benjolan di pita suara akibat pemakaian suara yang berlebihan.

3. Hindari rokok Bila Anda sudah terlanjur merokok, berhentilah. Merokok meningkatkan risiko kanker tenggorokan dan asap rokok, bahkan pada perokok pasif, bisa membuat pita suara iritasi. 4. Hindari pemakaian suara berlebihan Hindari berteriak atau menjerit-jerit, serta hindari untuk bersuara dengan kencang di lingkungan bising. Bila tenggorokan mulai terasa kering atau suara mulai serak, kurangi penggunaan suara. Suara yang parau atau serak merupakan tanda pita suara Anda mengalami iritasi.

5. Jagalah otot leher rileks Jagalah agar tenggorokan dan otot leher selalu rileks, bahkan ketika Anda menyanyikan nada tinggi atau nada rendah. Beberapa penyanyi memiringkan kepala mereka ketika menyanyikan nada tinggi dan menundukkan kepala ketika menyanyikan nada rendah.

Baca Juga :Tips Merawat Softlens

6. Perhatikan cara bertutur Bahkan penyanyi profesional pun bisa mengalami gangguan suara ketika mereka berbicara. “Saat berbicara, Anda harus banyak menarik napas,” kata Hogikyan.

7. Jangan terlalu sering membersihkan tenggorokan. Hindari berdahak terlalu sering untuk membersihkan tenggorok karena bisa menyebabkan suara parau. Minum cairan tanpa kafein hangat dapat membantu membasahi tenggorok. Menghirup uap air panas juga dapat membantu.

8. Dengarkan tubuh Anda Jika Anda sedang sakit flu dan suara mulai serak, gunakan suara seminimal mungkin.

9. Gunakan alat bantu Bila Anda perlu berbicara di depan umum atau di luar ruangan dengan publik yang banyak, gunakan alat bantu pengeras suara sehingga Anda tidak perlu berteriak. 10. Lakukan latihan Pita suara juga perlu dilatih agar tetap lentur. Anda bisa melakukannya dengan cara bersenandung kecil di pagi hari sebagai “pemanasan” pita suara

Related posts