Tips Merawat Kesehatan Gigi Dan Mulut

gigi

Caramerawatdiri.web.id – Rongga-rongga itu sangat menyakitkan. Untuk menghindari mengalami hal-hal yang tidak enak tersebut, jaga gigi dan mulut Anda dengan rajin dan sehat. Selain itu, anak kecil harus rajin menjaga kebersihan dan kesehatan gigi mereka sehingga tidak memiliki masalah besar. Ini adalah beberapa tips berguna untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut Anda.

Pergi Ke Dokter Gigi

Hal pertama yang paling penting untuk kesehatan gigi dan mulut dan juga yang paling sering orang lupakan adalah dokter gigi. Dengan alasan apapun, malas atau takut, tak seharusnya kita melupakan profesi satu ini. Dokter gigi adalah satu-satunya orang yang bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut selain diri kita sendiri. Ya, sakit gigi memang menyakitkan, dan pergi ke dokter gigi bisa membuat rasa sakit itu bertambah. Tapi, gigi bisa sakit karena ada alasannya, dan dokter gigi bisa mengetahui penyebab gigi sakit dan meredakan sakit tersebut. Tak perlu menunggu gigi sakit dulu baru pergi ke dokter gigi, kalau perlu, setiap beberapa bulan sekali kita perlu pergi ke dokter gigi untuk mengecek gigi kita.

Jangan Gunakan Gigi Selain Untuk Mengunyah Makanan

Seberapa sering kalian menggunakan gigi kalian untuk hal lain selain mengunyah makanan? Mari kita coba ambil contoh seperti membuka tutup botol, merobek plastik makanan atau membuka tutup pulpen yang keras? Menganggap gigi adalah hal yang kuat sehingga menggunakannya untuk hal lain selain mengunyah makanan adalah kesalahan. Mungkin ada orang yang memiliki gigi super kuat yang bahkan bisa digunakan untuk menarik truk besar, tapi mungkinkah Anda sekuat orang tersebut? Belum tentu. Untuk amannya, lebih gunakan gigi sebagaimana mestinya. Jangan pernah gunakan untuk hal lain selain mengunyah makanan demi kesehatan gigi Anda sendiri.

Gunakan Pelindung Gigi

Gigi berlubang memang bukan pengalaman yang menarik. Banyak hal yang bisa memicu penyebab gigi berlubang. Jarang sikat gigi, sering makan makanan manis, tak mau ke dokter gigi, dan masih banyak lagi lainnya. Tahukah kalian bahwa melakukan olahraga juga bisa berdampak pada kesehatan gigi? Olahraga yang termasuk olahraga keras seperti rugby, American football, tinju, dan olahraga lain semacam itu yang mengandung kekerasan bisa membuat gigi patah. Oleh karena itulah diciptakan yang namanya pelindung gigi. Meski kalian sudah sikat gigi teratur, rajin ke dokter gigi, dan jarang makan makanan manis, masih ada kemungkinan lain yang bisa menyebabkan gigi rusak bukan?

Sikat Gigi Menggunakan Baking Soda

Gigi sehat dan putih menandakan seseorang rajin serta perduli dengan kesehatan giginya. Coba kalau giginya kusam, pasti pasti orang sudah ilfil melihatnya. Kalian termasuk orang yang gigi putih atau kuning? Ada banyak penyebab kenapa gigi bisa kuning, salah satunya adalah rokok. Jika sudah demikian, bagaimana cara mengembalikan warna putih gigi? Jawabannya adalah baking soda. Sikat gigi dengan menggunakan baking soda setidaknya satu kali dalam seminggu bisa membuat gigi menjadi putih. Baking soda, bagus untuk mengangkat noda kuning dan memutihkan gigi. Gunakan baking soda layaknya pasta gigi, usahakan jangan sampai menelan baking soda.

Minum Teh

Pasti kalian tak banyak yang dengar bahwa teh juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan gigi, gusi, dan mulut. Teh memang lebih sering digunakan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, melawan kanker, dan bahkan untuk menurunkan berat badan. Lalu, apa manfaat minum teh bagi kesehatan gigi, gusi, serta mulut? Teh, di dalam minuman tersebut terkandung yang namnya polyphenol. Teh hitam dan teh hijau diketahui memiliki polyphenol yang tinggi. Polyphenol ini mampu memusnahkan dan membatasi pertumbuhan bakteri dalam mulut. Rajin minum teh juga ditengarai bisa mencegah bakteri untuk memproduksi asam yang bisa membuat gigi busuk.

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan Kulit

Gunakan Mouthwash

Sikat gigi sudah? Jangan lupa setelah itu kumur-kumur dengan mouthwash. Tak banyak orang yang mempertimbangkan untuk menggunakan obat kumur untuk membersihkan gigi serta mulut, padahal obat kumur sangat bagus juga untuk menjaga kesehatan serta kebersihan mulut dan gigi. Kalian bisa membelinya di supermarket terdekat atau apotek.Oleh ahli kesehatan gigi, ada 3 manfaat yang bisa diberikan oleh mouthwash. Pertama, mouthwash bisa mengurangi tingkat asam dalam mulut. Kedua, ada banyak area yang tak bisa dibersihkah dengan sikat gigi, namun mouthwash bisa melakukannya. Dan yang terakhir, mouthwash bisa memineralisasi ulang gigi. Kalian bisa tanya manfaat mouthwash dan mouthwash seperti apa yang dibutuhkan pada apoteker atau dokter gigi.

Pilih Pasta Gigi Yang Mengandung Fluoride

Menyikat gigi tak bisa hanya menggunakan sikat gigi saja, masih diperlukan juga yang namnya pasta gigi atau odol. Di supermarket, banyak sekali pasta gigi dengan berbagai merk yang dijual. Dalam pasta gigi, sudah terkandung sejumlah kandungan yang sekira bagus untuk membersihkan serta menjaga kebersihan gigi, salah satunya adalah fluoride. Apa sih kegunaan fluoride untuk gigi? Fluoride itu dapat mengembalikan mineral di gigi yang hilang akibat asa myang berasal dari plak bakteri dan gula. Tanpa penambahan mineral ini, gigi menjadi mudah goyang. Dengan fluoride, plak yang mengandung bakteri yang menempel pada gigi, bisa hilang.

Kurangi Makan Makanan Manis

Makanan manis, siapa yang bisa menahan godaan dari hal satu ini? Hampir tak ada yang bisa bukan? Apalagi bila malam hari tiba, menonton film ditambah dengan makanan manis di samping meja adalah kombinasi paling sempurna yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Namun, makanan manis tak hanya akan berdampak pada bertambahnya berat badan, tapi juga dengan kesehatan gigi. Mengkonsumsi makanan manis di malam hari bisa berdampak bertambahnya berat badan itu adalah perkara lama, mungkin kalian bisa cuek akan hal itu, tapi tidak dengan gigi. Makan makanan manis terlalu sering bisa membuat kesehatan gigi jadi berkurang. Ujung-ujungnya adalah gigi berlubang. Apa kalian lebih memilih gigi berlubang atau lebih baik menahan diri untuk tidak makan makanan manis?

Bersihkan Gigi Dengan Benang

Terkadang, meski sudah rajin menyikat gigi dan menggunkan cairan pembersih mulut, masih ada saja sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi. Sela-sela gigi yang kecil dan rapat memang sulit untuk dijangkau oleh sikat gigi dan obat kumur-kumur. Untungnya, masih ada satu barang lagi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah ini, yakni benang gigi. Benang gigi adalah salah satu solusi yang bisa digunakan untuk menyingkirkan sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi. Ambil satu benang gigi, gunakan secara perlahan dengan cara seperti gergaji. Gerakan maju dan mundur sampai sisa makanan di sela gigi benar-benar sudah hilang. Lalu kumur dengan air bersih.

Rajin Sikat Gigi

Di saat kecil, kita asering disuruh untuk selalu menyikat gigi oleh orang tua. Meski kita merasa malas dan merasa tak penting, tapi karena disuruh oleh orang tua, maka tetap kita lakukan. Apa yang orang tua perintahkan tersebut bukanlah tanpa maksud. Menyikat gigi adalah cara pertama untuk menjaga kesehatan gigi serta mulut. Oleh dokter, minimal kita rutin menyikat gigi sebanyak 2 kali dalam satu hari. Tak perduli anak kecil atau dewasa, aturan ini tetap berlaku. Di pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari setelah makan malam adalah waktu yang tepat untuk membersihkan gigi. Tentu menyikat gigi juga tak boleh asal-asalan asal sisa makanan dalam mulut bisa hilang semua.

Related posts