Tips Perawatan Rambut Wanita

Tips Perawatan Rambut Wanita

Tips Perawatan Rambut Wanita – Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat berharga. Banyak orang yang menginginkan rambut yang sehat dan tetap terjaga. Berikut ini ada beberapa tips untuk merawat rambut pada wanita

1. Hair mask
Salah satu cara paling mudah untuk melakukan perawatan rambut adalah melakukan hair mask. Anda bisa menggunakan krim rambut yang kini mudah didapatkan secara online, atau membuat campuran hair mask sendiri dari bahan-bahan alami.
Misalnya, campuran telur, minyak zaitun dan madu untuk membuat rambut lebih lembut dan lembap. Atau, campuran yogurt, minyak zaitun dan madu untuk mengatasi rambut kering.

2. Scalp massage
Perawatan yang satu ini jarang dilakukan di rumah karena banyak yang tak tahu bahwa sebenarnya perlu untuk melakukan pijat kulit kepala atau scalp massage. Cara ini berguna untuk melancarkan aliran darah yang masuk ke kepala sekaligus membuat pikiran lebih rileks dan tidak stres.

Cara melakukannya pun mudah, setelah keramas dan dalam keadaan rambut basah, gunakan hair tonic atau produk perawatan rambut khusus kulit kepala. Tuangkan sedikit demi sedikit kemudian pijat kulit kepala dengan kedua tangan.
Berikan penekanan dengan ujung jari telunjuk atau ibu jari pada titik-titik kepala yang perlu dipijat. Lakukan selama 10 hingga 15 menit atau hingga Anda merasa lebih rileks.

Baca Juga : Daftar Perawatan yang Wajib untuk Wajah Pria

3. Oil treatment
Perawatan rambut dengan essential oil ini berguna untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut. Biasanya minyak zaitun menjadi satu bahan yang sering digunakan. Namun, Anda pun bisa menggunakan coconut oil, almond oil, jojoba oil dan castor oil untuk menutrisi rambut Anda. Semua essential oil ini diperkaya dengan vitamin E dan antioksidan yang berguna untuk melapisi folikel rambut dan membuatnya selalu lembap.

Cara menggunakannya juga mudah, panaskan air di dalam wadah besar, kemudian campurkan dengan essential oil tersebut. Basahi kepala dengan campuran air dan essential oil sambil berikan pijatan halus pada kepala, kemudian bungkus dengan handuk hangat dan diamkan hingga 45 menit. Setelah itu, bilas dan keramas seperti biasa.

4. Scalp scrub
Sama seperti kulit badan dan wajah yang perlu dieksfoliasi, kulit kepala pun perlu dieskfoliasi untuk mengangkat kotoran mati. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan scalp scrub dengan menggunakan produk scrub khusus untuk rambut.
Gunakan setelah keramas dengan rambut dalam keadaan basah, berikan pijatan lembut pada kulit kepala dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat dan gunakan kondisioner untuk membersihkan secara menyeluruh.

Related posts